Cara Mengatasi Adapter Wifi Laptop Hilang Windows 10

Internet bisa dibilang sebagai salah satu kebutuhan paling penting di kehidupan masyarakat modern sekarang ini.

Internet menjadi sarana untuk memudahkan berbagai aktivitas banyak orang, baik dalam hal bisnis, belajar mengajar, berbelanja, mencari informasi dan aktivitas lainnya. Internet ini sendiri bisa diakses melalui berbagai macam perangkat, salah satunya melalui perangkat laptop.

Mengakses internet di laptop terkadang ada saja masalah error yang dialami. Misalnya saja adapter wifi yang hilang sehingga laptop tidak dapat lagi terhubung ke internet.

Adapter wifi yang hilang ini biasanya ditandai dengan icon wifi di laptop yang terdapat silang merah.

Masalah error ini sendiri bisa terjadi di laptop dengan versi OS berapa pun, termasuk Windows 10.

Lantas, bagaimana cara mengatasi adapter wifi laptop hilang di Windows 10 tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Wifi Laptop Hilang dan Tidak Bisa Terhubung di Windows 10

Saat mendapati laptop tidak bisa terhubung ke wifi, hal pertama yang terpikirkan adalah jaringan wifi yang sedang gangguan.

Setelah dicek jaringan wifi di perangkat lain ternyata bisa terhubung, dari sini kita akan tahu masalah ada pada perangkat laptop. Biasanya pengguna akan langsung mengecek pada bagian status drivernya, apakah dalam keadaan enable atau disable.

Driver sendiri merupakan sarana perangkat keras pada laptop agar terdeteksi dan terhubung, sehingga bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Termasuk pada adapter wifi, driver harus sudah diinstall dan dalam keadaan enable. Driver yang sudah enable, tetapi wifi di laptop tetap tidak terdeteksi? Ini berarti yang bermasalah pada drivernya.

Cobalah untuk melakukan install ulang driver wifi di laptop tersebut, baik dengan menggunakan DVD driver, download driver lewat situs resmi brand, atau menggunakan software DriverPack.

Selain karena masalah driver, wifi yang tidak bisa terdeteksi dan tidak terhubung di laptop juga bisa disebabkan karena adapter wifinya.

Hilangnya adapter wifi ini bukan karena masalah driver yang tidak terpasang atau butuh diinstall ulang, melainkan karena hal lainnya.

Jangan langsung membongkar laptop untuk melakukan perbaikan, melainkan lakukan restart pada sistem wifi di laptop.

Cara Mengatasi Adapter Wifi Laptop Hilang Windows 10

Seperti yang dijelaskan di atas, adapter wifi yang tidak terdeteksi ini bukan karena masalah driver, melainkan masalah sistem pada Windows 10.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan restart pada sistem service yang berhubungan dengan wifi di laptop.

Untuk cara melakukannya sendiri terbilang mudah, yakni:

  1. Pertama Anda klik kolom Pencarian yang ada di pojok kiri bawah tampilan Windows 10. Kemudian ketik kata kunci Services.
  2. Akan muncul hasil pencarian di atasnya, selanjutnya Anda pilih menu Services.
  3. Pada jendela Services yang ditampilkan, Anda pilih tab Extended yang ada di bagian kiri bawah tampilan.
  4. Kemudian cari opsi DNS Client yang ada di list. Klik kanan pada DNS Client tersebut, kemudian pilih opsi Properties.
  5. Selanjutnya akan ditampilkan jendela DNS Client Properties. Pada bagian opsi Startup type Anda ubah statusnya menjadi Automatic. Kemudian pada bagia opsi Service status, Anda klik tombol Stop. Tunggu beberapa saat, kemudian klik tombol Start pada bagian yang sama.
  6. selesai.

Selain melakukan restart DNS Client, Anda juga perlu melakukan restart pada sistem services lainnya yang ada di sana.

Langkah-langkah merestartnya pun sama seperti cara di atas. Beberapa sistem services yang perlu Anda restart tersebut, di antaranya:

  • Function Discovery Provider Host
  • Function Discovery Resources Publication
  • Peer Networking Grouping
  • Homegroup Listener
  • Homegroup Provider
  • SSDV Discovery
  • UpNp Devide Host

Jika sudah melakukan restart sistem services di atas, sekarang Anda lakukan restart laptop seperti biasa. Dengan cara ini adapter wifi di laptop Windows 10 akan muncul lagi.

Itulah tadi cara mengatasi adapter wifi laptop hilang Windows 10 yang mudah dan ampuh. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply