Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop Windows 10

Tampilan antarmuka Windows 10 dibuat hampir menyerupai antarmuka mobile. Hal ini ditujukan untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan laptop dengan dukungan OS Windows tersebut.

Layaknya di perangkat mobile, Anda memungkinkan untuk menginstall aplikasi berbasis APK di Windows 10 ini. Selain itu, Anda juga bisa menghapus atau melakukan uninstall dengan mudah jika memang tidak ingin lagi menggunakan aplikasi tersebut.

Sudah melakukan uninstall pada aplikasi tertentu di laptop dengan dukungan Windows 10, namun Anda ingin mengembalikannya lagi? Bagi pengguna awam mungkin akan merasa kesulitan untuk bisa mengembalikan aplikasi yang sudah dihapus dari perangkat tersebut.

Nyatanya cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop Windows 10 ini cukup mudah dilakukan. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop Windows 10

Untuk bisa merestore atau mengembalikan lagi aplikasi yang sudah diuninstall di Windows 10, setidaknya ada 2 metode yang bisa Anda terapkan.

Metode yang dimaksud yakni dengan menggunakan fitur di Windows dan menggunakan software pihak ketiga.

Adapun cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop Windows 10 selengkapnya, sebagai berikut:

Metode 1. Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara yang pertama ini bisa Anda lakukan tanpa menggunkan aplikasi atau tool tambahan di perangkat laptop Windows 10.

Anda bisa menggunakan fitur bawaan di Windows 10 yang bisa difungsikan untuk mengembalikan aplikasi yang sudah diuninstall tersebut.

Fitur yang dimaksud di sini yakni bernama Windows Powershell.

Untuk langkah-langkah mengembalikan aplikasi yang sudah dihapus di Windows 10 dengan Windows Powershell tersebut, yakni:

  1. Pertama Anda buka Windows Powershell sebagai administrator. Caranya dengan klik kolom Pencarian di kiri bawah tampilan, kemudian ketik “windows powershell. Selanjutnya klik kanan pada menu Windows Powershell yang ditampilan di hasil pencarian, lalu pilih Run as Administrator.
  2. Pada jendela Windows Powershell yang ditampilkan, Anda ketik perintah Get-AppxPackage -allusers | foreach {Add-AppxPackage -register “$($_.InstallLocation)\appxmanifest.xml” -DisableDevelopmentMode}
  3. Nantinya Windows Powershell akan melakukan proses scanning dan mengembalikan aplikasi yang sudah pernah dihapus. Anda bisa langsung menemukan aplikasi tersebut di halaman menu aplikasi Windows.
  4. selesai.

Metode 2. Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus dengan Aplikasi Tambahan

Jika cara di atas menurut Anda kurang efektif, bahkan tidak work di perangkat laptop Anda, maka cara kedua ini bisa dijadikan alternatif.

Di sini Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang punya fungsi untuk merecover aplikasi terhapus di Windows 10 tersebut.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan yakni bernama O&O AppBuster. Mengenai cara menggunkan aplikasi tersebut, yakni:

  1. Pertama Anda download dan install aplikasi O&O AppBuster di laptop. https://www.oo-software.com/en/ooappbuster
  2. Kemudian tinggal jalankan saja aplikasi tersebut.
  3. Aplikasi O&O AppBuster akan melakukan scanning dan menemukan aplikasi yang telah dihapus dari perangkat laptop.
  4. Selanjutnya Anda beri tanda centang pada aplikasi yang ingin dikembalikan.
  5. Kemudian klik tombol Install yang ada di bagian atas tampilan. Menariknya, Anda bisa langsung mengembalikan beberapa aplikasi sekaligus dengan tool satu ini.
  6. selesai.

Tidak hanya bisa mengembalikan aplikasi yang telah dihapus, O&O AppBuster juga bisa digunakan untuk merestore data yang terhapus dari laptop.

Itulah tadi dua cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop Windows 10 yang mudah dan ampuh. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply