Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop Windows 10

Umumnya file yang sudah dihapus dari laptop dengan Windows akan tersimpan di Recycle Bin. File sampah tersebut akan disimpan selama kurang lebih 30 hari dan selama waktu tersebut Anda masih bisa mengembalikannya.

Jika sudah melebihi batas waktu tersebut, maka file akan langsung dihapus secara permanen.

File yang sudah dihapus secara permanen di laptop Windows ini ternyata masih bisa dikembalikan lagi dengan trik khusus.

Cara ini bisa diterapkan khususnya di Windows 10 dan melakukannya sangat mudah.

Adapun cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 10 selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop Windows 10

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file yang sudah dihapus dari laptop secara permanen dan dari recycle bin.

Setidaknya ada dua metode yang bisa diterapkan, yakni dengan bantuan software pihak ketiga dan tanpa software apa pun.

Adapun cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 10 tersebut, yakni:

Metode 1. Mengembalikan File Terhapus dengan CMD

Cara yang pertama ini tidak membutuhkan bantuan software atau tool tambahan.

Anda bisa memanfaatkan Command Prompt yang pastinya sudah ada secara default di semua perangkat Windows, khususnya Windows 10.

Untuk cara menerapkannya sendiri, yakni:

  1. Pertama Anda buka Command Prompt atau CMD di perangkat Windows. Caranya dengan klik kolom Pencarian di bagian kiri bawah tampilan, kemudian ketik “cmd”. Pada hasil pencarian, klik kanan pada menu CMD atau Command Prompt, lalu pilih Run as Administrator.
  2. Jendela CMD akan ditampilan, selanjutnya Anda ketik perintah “chkdsk D: /f” (tanpa tanda petik. Anda bisa tanda D: dengan partisi di laptop yang merupakan tempat penyimpanan file yang ingin dikembalikan. Jika sudah, selanjutnya tekan Enter.
  3. Selanjutnya ketik lagi perintah “ATTRIB -H -R -S /S /D D:*.*” (tanpa tanda petik), lalu tekan Enter. Sama seperti di atas, Anda bisa mengubah D: dengan partisi di laptop yang ingin discan.
  4. Tunggu sampai prosesnya berjalan dan selesai. Biasanya file terhapus akan langsung dikembalikan ke dalam folder atau partisi sebelumnya.
  5. selesai.

Metode 2. Mengembalikan File Terhapus dengan EaseUS Data Recovery

Cara yang kedua yakni Anda bisa memanfaatkan software revocery yang memang fungsinya untuk mengembalikan file yang terhapus.

Bahkan bukan hanya bisa mengembalikan file terhapus di harddisk laptop, melainkan juga dari harddisk eksternal, flashdisk, atau perangkat penyimpanan file lainnya.

Mengenai cara mengembalikan file yang sudah dihapus permanen di laptop Windows 10 dengan EaseUS Data Recovery tersebut, yakni:

  1. Pertama Anda unduh dan install software EaseUS Data Recovery melalui LINK INI. https://www.easeus.com/datarecoverywizard/free-data-recovery-software.htm
  2. Jika sudah, selanjutnya Anda langsung jalankan aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman utama software, Anda pilih penyimpanan atau partisi yang merupakan tempat menyimpan file yang sudah dihapus permanen dan ingin dikembalikan.
  4. Kemudian software akan segera melakukan scanning dan mencari file yang sudah pernah dihapus dari perangkat.
  5. Jika sudah, nantinya daftar file terhapus akan ditampilkan di sana. Untuk mengembalikannya, Anda beri tanda centang pada file yang ingin dikembalikan. Kemudian klik tombol Recover yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  6. Selanjutnya Anda pilih tempat untuk menyimpan file yang ingin dikembalikan tersebut. Kemudian klik OK.
  7. Tunggu sampai proses pengembalian file terhapus selesai.

Itulah tadi dua cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 10 yang mudah dan praktis. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply