Cara Mengembalikan Icon Baterai di Laptop Windows 10

Windows 10 merupakan salah satu seri OS Windows yang paling diminati sekarang ini. Tidak hanya dari segi tampilannya yang user friendly dan keren, namun juga cukup ringan dijalankan di perangkat laptop atau PC.

Fitur yang disediakan di dalamnya juga terbilang lengkap, sangat membuat nyaman para penggunanya. Salah satunya adalah fitur yang memudahkan pengguna untuk mengatur tampilan icon di Taskbar.

Mengenai icon yang ada di Taskbar ini, salah satunya yang cukup berperan penting yakni icon baterai. Adanya ikon tersebut akan berfungsi sebagai indikator yang memudahkan pengguna mengetahui sisa daya baterai pada perangkat laptop.

Entah disengaja atau tidak, terkadang icon baterai di laptop tersebut menghilang atau tersembunyi. Lantas, bagaimana cara mengembalikan icon baterai di laptop Windows 10 tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengembalikan Icon Baterai di Laptop Windows 10

Sangat mudah sebenarnya untuk bisa menampilkan icon baterai di Windows 10 yang disembunyikan.

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menampilkannya.

Berikut ini cara mengembalikan icon baterai di laptop Windows 10 selengkapnya, yakni:

1. Menampilkan Icon Baterai Lewat Taskbar

Cara yang paling mudah untuk memunculkan lagi icon baterai di laptop Windows 10, yakni melalui pengaturan Taskbar.

Cara melakukannya pun terbilang sangat mudah, bahkan Anda yang masih awam tidak akan kesulitan menerapkannya.

Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Pertama Anda klik kanan pada area kosong di Taskbar.
  • Kemudian pilih opsi Taskbar Settings yang ada di bagian bawah.
  • Pada jendela pengaturan Taskbar, selanjutnya Anda pilih opsi Turn System Icons On or Off.
  • Di sana akan ditampilkan beberapa icon system yang bisa kamu tampilkan atau sembunyikan. Untuk menampilkan icob baterai, Anda geser tombol slidernya yang ada pada menu Power hingga menjadi ON.
  • selesai

Dengan cara ini bisanya icon baterai di Taskbar akan langsung ditampilkan, tidak perlu melakukan restart laptop terlebih dahulu.

2. Menampilkan Icon Baterai Lewat Device Manager

Jika cara di atas belum ampuh mengatasi icon baterai yang hilang atau tersembunyi, maka cara kedua ini bisa dijadikan alternatif.

Anda bisa memanfaatkan menu Device Manager yang disediakan di Windows. Caranya dengan mematikan dan mengatifkan lagi adapter baterai yang digunakan di laptop.

Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama Anda klik pada kolom Pencarian yang ada di kiri bawah tampilan.
  • Kemudian ketik kata kunci “device manager”. Selanjutnya Anda klik menu Device Manager yang ditampilkan di hasil pencarian.
  • Sekarang Anda cari opsi Batteries atau Baterai, klik pada icon panah yang ada di sebelah kiri untuk menampilkan drivernya. Setidaknya ada dua driver atau adapter baterai yang terpasang.
  • Selanjutnya Anda klik kanan pada driver tersebut, kemudian klik opsi Disable Device. Lakukan cara yang sama pada driver baterai yang satunya lagi.
  • Jika sudah, sekarang klik kanan lagi pada driver tersebut. Lalu pilih opsi Enable Device. Anda juga bisa melakukan langkah yang sama untuk driver yang satunya lagi.
  • Setelah dilakukan disable dan enable pada driver baterai tadi, sekarang Anda lakukan restart laptop.
  • Biasanya setelah laptop menyala, icon baterai akan muncul lagi di area kanan Taskbar.
  • selesai.

Itulah tadi dua cara mengembalikan icon baterai di laptop Windows 10 yang mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply